Spiga

Robot menyerupai manusia


Jakarta - Sepertinya akan semakin sulit bagi kita untuk membedakan robot dengan manusia asli. Kini, sebuah robot keluaran Waseda-Docomo mampu mengubah-ubah wajahnya untuk menirukan ekspresi manusia.

Awalnya, si pencipta menentukan posisi titik-titik penting yang mengekspresikan garis wajah, mata, hidung dan sebagainya. Robot ini berekspresi dengan cara memindahkan titik-titik wajah ke posisi yang diinginkan.
Versi pertama robot ini dirancang tahun 2003 dan desainnya disempurnakan pada tahun berikutnya. Wajah elastis robot tersebut dibentuk menggunakan sistem driving dengan unit 3DOF.

Robot WD-2 ini dapat mengubah roman mukanya dengan mengaktifkan titik-titik khusus pada wajahnya, masing-masing titik memiliki tiga derajat perubahan. Robot ini memiliki 17 titik wajah, dengan total 56 derajat perubahan. Wajah WD-2 terbuat dari septom, yakni bahan dengan elastisitas tinggi, dengan campuran biji baja, wool untuk menambah kekuatannya.
Menurut penciptanya, robot ini tak hanya menampilkan ekspresi wajah, tapi juga mengubah-ubah ekpresi wajah dalam waktu berdekatan, secara detail layaknya wajah manusia.

Jika robot yang lain juga mampu menampilkan ekpresi senang, sedih, tertarik, atau marah, Waseda-Docomo bahkan dapat membuat perubahan-perubahan kecil untuk menampilkan berbagai macam makna raut wajah, demikian dilansir detikINETdari Softpedia, Jumat (21/9/2007).

Robot ini dijalankan oleh motor DC dengan katrol sederhana dan wajah manusia. Untuk menduplikasi wajah, hanya diperlukan scanner 3 dimensi yang dapat mengatur lokasi 17 titik wajah manusia. Setelah itu posisinya diatur menggunakan laptop dan 56 motor kontrol. Bahkan, nantinya, robot ini akan tampil dengan gaya rambut manusia dan warna kulit manusia.
Semakin detail robot dewasa kini, bagi beberapa orang hal ini justru tampak menyeramkan
http://detik.com

1 komentar:

  Unknown

15 Oktober 2008 pukul 13.05

Very fine......